Berolahraga Sore saat Puasa Baik bagi Kesehatan Jantung

Berolahraga Sore saat Puasa Baik bagi Kesehatan Jantung

CIREBON – Tak terasa bulan suci Ramadan sudah tiba. Tentunya, dalam melaksanakan puasa, kesehatan tetap harus dijaga, agar fit menjalani kegiatan puasa sepanjang hari.

Untuk itu, dalam keterangannya, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Cirebon, dr H Muhammad Edial Sanif SpJP FIHA FasCC FICA mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara berolahraga setiap sore.

“Puasa itu jelas orang lebih sabar, dan makan teratur, walaupun memang jadwal tidur jadi terganggu. Tapi menurut penelitian secara keseluruhan puasa baik bagi kesehatan jantung,” ujar Edial saat ditemui, Jumat (1/4).

Lebih lanjut, Edial menjelaskan, ketika orang-orang melakukan ibadah puasa, maka pelepasan zat adrenalin akan menurun. Namun, zat endorfin dari tubuh seorang yang berpuasa akan lebih banyak dikeluarkan.

BACA JUGA:

\"Zat endorfin itu merupakan salah satu zat yang membuat seseorang menjadi lebih tenang dan sabar. Sehingga, dari situlah bisa menyebabkan detak jantung lebih tenang dan menyehatkan jantung,” ungkap Edial.

Dokter spesialis jantung itu juga mengajak masyarakat untuk tetap bergerak pada saat berpuasa. Namun perlu diketahui, waktu yang tepat untuk bergerak pada saat bulan puasa adalah pada saat menjelang berbuka puasa.

\"Saya anjurkan masyarakat berolahraga pada sore hari menjelang berbuka puasa. Kalau bergerak banyak ketika pagi hari, maka tubuh akan mengalami hipoglekemi atau kekurangan gula. Sehingga lebih baik pada sore hari,\" paparnya. 

Selain itu, dalam menjalankan ibadah puasa, masyarakat juga diimbau agar tetap harus menjaga makanan yang dikonsumsi pada saat berbuka puasa.  “Kita memang biasanya pada saat bulan puasa seakan balas dendam. Puasa seharian, makannya pun berlebihan pada saat buka puasa. Justru itu tidak baik dan harus dihindari,\" tutupnya.  (jrl)

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: